0

Soal ujian paket 1 ( ganjil )

Senin, 03 Juni 2013
Share this Article on :
 SOAL

1. sebutkan dan jelaskan 4 tahapan dalam merakit komputer???
2. Jelaskan istilah di bawah ini
   a. beep
   b. bios
   c. post
3. Apa kepanjangan dari LPT jelaskan!
4. Apa yang di maksud alat peripheral komputer dan apa saja alat peripheral di dunia komputer ( 5 saja)
5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem operasi dan sebutkan 2 jenis sistem operasi yang kamu ketahui??



JAWABAN:

1.Tahap merakit komputer adalah :
- Persiapan
Persiapkan terlebih dahulu komponen-komponen yang diperlukan untuk melakukan perakitan komputer. Lakukan perakitan di tempat yang dimana anda merasa leluasa untuk bergerak sehingga tidak mengganggu aktifitas agan.

- Proses Perakitan
Memulai perakitan komponen-komponen komputer dengan memasang satu persatu hardware yang diperlukan.

- Pengujian
Saat proses perakitan telah terselesaikan, maka tahap selanjutnya adalah pengujian. Pada tahap ini komputer yang selesai dirakit akan dihidupkan dan dioperasikan. Jika pengoperasian berjalan normal maka proses perakitan telah selesai, namun apabila ternyata terjadi masalah maka dilanjutkan pada proses yang selanjutnya, yaitu menangani masalah yang terjadi.

- Penanganan Masalah
Pada tahap ini komputer yang selesai dirakit ternyata mengalami masalah (troubleshoot). Hal tersebut bisa disebabkan oleh proses instalasi atau penempatan komponen yang kurang tepat. Oleh sebab itu diperlukan penanganan lebih lanjut agar komputer bisa beroperasi dengan normal.

2. a. beep : Suara yang di keluarkan oleh motherboard jika terjadi permasalahn / kerusakan pada salah satu komponen komputer.
   b. Bios : adalah tingkatan terendah dari perangkat lunak yang mengkonfigurasi atau memanipulasi perangkat keras. BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System.
   c. Post :  POST (Power on Self-Test) yaitu test yang dilakukan oleh PC untuk mengecek fungsi-fungsi komponen pendukung PC apakah bekerja dengan baik.











3. LPT kependekan dari Line Printing Terminal atau paralel port adalah port yang dipakai untuk menghubungkan PC dengan printer.




4.  Peripheral adalah hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel. Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing.
contoh alat peripheral : - keyboard, mouse, monitor, printer, scanner.

5. Sistem operasi atau operating system adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi atau program-program yang bejalan dalam suatu komputer atau PC.
Jenis-jenis system operasi : GUI dan CLI






Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar